Monday 2 April 2012

~JAMA'AH ISLAMIAH~

~JAMA'AH ISLAMIAH~
Jama’ah-Jama’ah Islamiah (Gerakan-Gerakan Islam) saat ini


Tanya :

Di dunia Islam saat ini terdapat banyak sekali kelompok-kelompok dan tariqat- tariqat Sufi, seperti; adanya Jama’ah Tabligh, al-Ikhwan al-Muslimun, as- Sunniyyun, as-Syi’ah. Jama’ah manakah (diantaranya) yang menerapkan Kitabullah dan Sunnah RasulNya ?

Jawab :

Jama’ah-Jama’ah Islamiah (Gerakan-Gerakan Islam) saat ini yang lebih dekat kepada kebenaran dan sangat komitmen untuk menerapkannya adalah : Ahlus Sunnah; yaitu Ahlul Hadits, Jama’ah Anshoris Sunnah (Jama’ah Islamiah yang ada di Mesir-penj), kemudian (Jama’ah) al-Ikhwan al-Muslimun. Secara global setiap kelompok dari mereka atau kelompok selain mereka terdapat kesalahan dan kebenaran, oleh karena itu, anda mesti bekerjasama dengan mereka sejauh kebenaran yang ada pada mereka dan menghindari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan disertai dengan saling menasihati dan bertolong-tolongan dalam kebajikan dan ketakwaan. (Fatâwâ al-Lajnah ad-Dâimah lil Buhuts al-’ÎIlmiyyah wal Ifta’, jld. II, h. 237-238, no. fatwa : 6250).


Tanya :

Jama’ah-Jama’ah dan kelompok-kelompok yang ada sekarang, maksud saya; Jama’ah (seperti) al-Ikhwan al-Muslimun, Jama’ah Tabligh, Jama’ah Ansharis Sunnah al-Muhammadiyyah, al-Jam’iyyah asy-Syar’iyyah, as-Salafiyyun, dan mereka yang menamakan diri (Jama’ah) at-Takfir wal Hijrah; semuanya ini dan lainnya ada di Mesir, bagaimana sikap seorang Muslim terhadapnya ? dan apakah dapat ditujukan kepada mereka hadits Huzaifah radhiallahu ‘anhu :( dalam sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam) : “Maka jauhilah kelompok-kelompok itu semua meskipun engkau harus menggigit akar pohon hingga maut menjemputmu dan engkau mati dalam keadaan seperti itu” (Hadits riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya) ?

Jawab :

Setiap kelompok-kelompok tersebut berpihak kepadanya haq dan bathil, kesalahan dan kebenaran, sebagiannya lebih dekat kepada haq dan kebenaran, lebih banyak kebaikannya dan lebih merata manfaatnya dari sebagian yang lainnya, oleh karena itu, anda mesti bekerjasama dengan masing-masingnya berdasarkan haq yang ada padanya dan menasihati kesalahan yang anda lihat ada padanya, dan tinggalkanlah apa yang meragukan kepada apa yang tidak meragukan anda. . (Fatâwâ al-Lajnah ad-Dâimah lil Buhuts al-’ÎIlmiyyah wal Ifta’, jld. II, h. 237-238, no. fatwa : 6280).[welcome_49.png]

No comments:

Post a Comment

لإاله الإ الله

recharge our iman

glitter mouse

sakura